Pengertian/Profil/Sejarah Panitia Sembilan 9

Di posting oleh ☼♪°тєgυн↔мαđ☺η™҅•─๑♠ pada 03:30 PM, 26-Jun-12

Di: Pengetahuan


Panitia Sembilan adalah
panitia yang
beranggotakan 9 orang
yang bertugas untuk
merumuskan dasar negara Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945
. Adapun anggota Panitia Sembilan
adalah sebagai berikut:
1. Ir. Soekarno (ketua)
2. Drs. Moh. Hatta (wakil ketua)
3. Mr. Achmad Soebardjo (anggota)
4. Mr. Muhammad Yamin (anggota)
5. KH. Wachid Hasyim (anggota)
6. Abdul Kahar Muzakir (anggota)
7. Abikoesno
Tjokrosoejoso (anggota)
8. H. Agus Salim (anggota)
9. Mr. A.A. Maramis (anggota)

Setelah melakukan
kompromi antara 4 orang
dari kaum kebangsaan
(nasionalis) dan 4 orang dari
pihak Islam, tanggal 22 Juni
1945 Panitia Sembilan menghasilkan rumusan
dasar negara yang dikenal
dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter) yang
berisikan:
1. Ketuhanan dengan
kewajiban
menjalankan syariat
Islam bagi pemeluk-
pemeluknya
2. Kemanusiaan yang adil
dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam
permusyawaratan
perwakilan
5. Keadilan sosial bagi
seluruh rakyat
Indonesia.
Piagam Jakarta inilah yang
menjadi cikal bakal
Pembukaan UUD 1945.
Namun, krn ada warga non islam, seperti di papua, ada yg tdk setuju dg sila pertama . Maka di ganti dg "Ketuhanan Yang Maha Esa"

follow TWITTER aku

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

14 tanggapan untuk "Pengertian/Profil/Sejarah Panitia Sembilan 9"

ARISAN pada 04:04 PM, 26-Jun-12

infonya top banget kang....

☼♪°тєgυн↔мαđ☺η™҅•─๑♠ pada 07:06 PM, 26-Jun-12

oh ya? Thx

CyberKobin™ | "★NS Lover★" pada 01:43 PM, 27-Jun-12

mantap sob

☼♪°тєgυн↔мαđ☺η™҅•─๑♠ pada 08:28 PM, 27-Jun-12

Tab....Tab....Tab.... twisted

Ilham|Faisal~Zzz pada 11:51 AM, 19-Dec-12

Tq Udah Kasih Ni Info ~

☼♪°тєgυн↔мαđ☺η™҅•─๑♠ pada 11:30 AM, 03-Jan-13

0ke. Sesama manusia emang harus selalu membantu

Tasya pada 04:08 PM, 01-Mar-13

thanksx ats infox....

dhea pada 07:26 AM, 06-Oct-13

terimakasih telah memberikan pengetahuan saya tentang piagam jakarta

nurul pada 11:29 AM, 28-Oct-13

sip sip

nurul pada 11:29 AM, 28-Oct-13

sip sip

NUR ATIKA pada 07:57 PM, 20-Aug-14

Bagus siih...
tapi... sayang..
bukan itu yang diminta

lukmanur syarif pada 08:02 PM, 20-Aug-14

bagus, top banget

oalah gendtong pada 08:24 PM, 22-Aug-14

oalah kok jelek amat postingannya...................................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

DEKYAC000000000 pada 08:25 PM, 22-Aug-14

Oy yg buat lagi teler ya...........................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! macam pantat jupe aja>......

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar